Indah

Memulai cerita hari ini dengan sebuah kata terindah. "Perjuangan"

Kamis, 05 Mei 2011

Mahasiswa peternakan


Pertama kali menjadi mahasiswa di Universiatas Gadjah Mada Yogyakarta merupakan kebanggaan untuk semua orang begitu juga dengan gw. Tapi mungkin gak buat orang yang kuliah dijurusan gak elite(klo kata orang) seperti peternakan UGM. bisa kalian bayangin semua ketika gw buka internet dan melihat pengumuman kalo gw keterima di UGM tapi dipilihan ketiga yaitu Ilmu dan Industri Peternakan. Dan asal kalian tau aja, gw sama sekali gak niat untuk daftar kuliah di UGM. Karena pada saat pendaftaraan gw cuma berniat nganterin temen gw daftar di kedokteran UGM, karena ortu si doi pengen banget nih si anak jadi dokter. Terserah kuliah dimana yang penting jadi dokter katanya. Ok lah saat itu gw dan temen2 yang laen iseng2 berhadiah nemenin si doi daftar(Kalo2 keterima lah yah, karena saat itu gw bener2 iseng dan gak yakin keterima di kampus sebesar UGM) Ketika memilih jurusan, guru les gw pernah bilang kalo pilihan pertama itu adalah pilihan yang bener-bener kita mau, pilihan kedua itu pilihan yang kita mau tapi jurusannya jangan bagus2. Kalo yang ketiga itu pilih aja jurusan yang jelek di UGM tapi kita tetep suka. Jadilah gw ambil pilihan ketiga UGM (Pilihan pertama dan kedua gak usah gw kasih tau yah, ntar lo semua syok). Saat test gw ngerasa bisa lah ngerjain ni soal karena otak gw penuh banget ilmu secara minggu depan setelah TEST itu langsung Ujian Nasional. Gw gak kyk si doi yang selalu coba test kedokteran disana sini. Kalo gw gak mikirin UGM sama sekali bahkan gw juga lupa kalo gw udah ikut Test UGM.

Tiba-tiba saat hari pengumuman gw lagi jalan2 dengan temen gw ke suatu tempat. Dan tiba-tiba temen gw sms kalo gw disuruh liat pengumuman. Karena gw gak yakin ketrerima dan gak kepengen ditambah gak kepikiran di UGM jadi biarlah gak usah diliat. Tapi gak tau kenapa temen yang jalan dengan gw saat itu maksa banget gw liat pengumuman itu. Akhirnya gw dan dia ke warnet dan liat pengumuman. Lo tau hasilnya gw keterima dan cuma gw doang yang keterima dari temen gw satu kelompok itu. Saat itu gw gak berani ngasih tau si doi dan temen2 lainnya karena gak enak kan. Dan ternyata di sekolah gw juga yang keterima cuma 2 orang. Yang satu dari kelas IPS keterima di jurusan Ilmu Hukum dan gw dijurusan..... hahahaha. Tenang! sekarang gw udah PD kalo gw mahasiswa PETERNAKAN (Wis ben UGM, sing penting peternakan) hahahahaha... Akhirnya di sekolah nyebar kalo gw keterima di UGM dan berniat gak akan ambil tuh jurusan karena gw dari dulu fokus ke UNSRI, UNILA, UI dan UNPAD. tapi sampai dengan waktu SPMB gw gak keterima di semua perguruan tinggi itu. dan gw berusaha yakinin diri gw, kalo disini lah tuhan ngasih petunjuk. PETERNAKAN!. 

Akhirnya gw kuliah di fakultas peternakan UGM jogja dan setiba gw dateng pertama kali kekampus memang bener dugaan gw. Temen2 gw disini isinya rata-rata dari desa dan rata-rata juga mereka anak dari pengusaha ternak. gw gak ngerasa level disini dan mau pindah rasanya. Selagi ada kesempatan selama dua tahun, gw ikut lagi test-test di perguruan tinggi dan hasilnya nihil. dan makin yakin gw kalo ini adalah takdir. Selama 2 tahun gw coba untuk sadarin diri gw di peternakan UGM. sampai hampir tiap hari gw ke psikolog untuk curhat masalah ini. Dan sampai suatu ketika gw ditemukan sebuah pilihan sulit.

Ditahun kedua gw keterima di jurusan idaman gw Psikologi tapi di UIN. dan saat ini gw mulai bimbang dan ragu. Pilihannya adalah:
1. Kuliah dua-duanya dengan resiko berat untuk gak fokus dan ngabisin duit.
2. Ambil psikologi tapi sayang uang kuliah gw 2 tahun
3. Tetep dipeternakan dan yakinin diri gw!

Akhirnya dengan saran dari banyak orang, gw ambil pilihan ketiga dan gw buang jauh-jauh cita-cita gw jadi psikolog(padahal sampe skrg gw masih pengen dan itu cita-cita gw dari SMP). Lanjutlah kuliah dipeternakan dengan penuh tekanan dan IPK seadanya. gw dulu sempet mikir kalo IPK gw kecil karena gw gak minat, tapi bukan itu tapi karena gw menolak untuk belajar di jurusan ini. Tapi sekarang setelah gw mencintai jurusan ini, gw bisa nikmatinnya. Bayangin aja yang dari dulunya gw tertekan dilingkungan, lingkungan teman dan semacamnya kuliah dipeternakan. Tapi setelah gw kulaih 2 tahun lebih, gw mulai merasakan bahwa PETERNAKAN ini bagus. bahkan lebih bagus dari jrusan yang dulu gw pengen! masalah kata-kata orang? what ever lah. mereka gak tau kuliah dipeternakan itu cerah. Cuma karena namanya aja gak keren dan identik dengan pedesaan. Coba kalo dikasih nama Ilmu Binatang... Hahaahahaha...

WIS BEN UGM, SING PENTING PETERNAKAN!

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. wihhh hebat mas.
    kalo saya suka blg gini mas "jika aku mendapatkan apa yang aku inginkan, aku bahagia satu kali. jika aku mendapatkan apa yang tidak alu inginkan, aku bahagia 10 kali karena aku yakin itulah pilihan yang terbaik dari Allah Swt." mohon bimbingannya mas. salam dari maba fapet unpad.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Ada praktek ngurusin ternak gk? Aku minat koh.. oya kalo lulus bisa ngapain aja?

    BalasHapus
  5. relatable nih mas... Aku maba tahun 2019, keterima SBMPTN di pilihan ke 2 prodi peternakan ☹️ awalnya seneng, tapi.. Orang-orang yang selalu mempertanyakan ini membuat aku ga pede. Mimpiku sejak kecil juga pengennya yang desain2 atau arsitek. Jauh banget tibatiba ke peternakanšŸ˜­ huhh

    BalasHapus

Komentar mu sangat berarti :