Indah

Memulai cerita hari ini dengan sebuah kata terindah. "Perjuangan"

Kamis, 31 Januari 2013

Pentingnya Zakat


SUDAHKAH ANDA MEMBAYAR ZAKAT PEGHASILAN???



Bro, kata zakat emang udah sering kita dengar, apalagi zakat setiap mau lebaran. Setiap orang pasti sudah biasa melakukannya. Tapi ternyata zakat gak cuma itu aja bro, ada lagi nih satu jenis zakat yang kita memang sering lupakan. ZAKAT PENGHASILAN. memang si buat ane yang tidak terlalu agamais, masih belum ngerti tentang zakat yang satu ini. Ternyata zakat ini gak jauh beda dengan sedekah, cuma besarnya aja sudah ditentukan.

Buat bro and sist yang sudah pernah bekerja baik full atau partrime, pasti sudah punya penghasilan kan meskipun cuma bisa beli es doang (kidding). Tapi meskipun penghasilan cuma bisa beli es (1 kuintal), itu namanya tetap aja penghasilan. Apalagi kalo gajinya lumayan. Bukan bermaksud mengurui si, tapi memang bener loh kalo rezeki yang kita terima itu sebenernya bukan punya kita seutuhnya. Terdapat hak-hak mereka atas rezeki yang udah kita dapet. Mungkin bisa aja mikir 'lah kan kita yang capek2 kerja, jadi hak kita dong mau buat apa uang ini'. eiits! stop dulu, percaya gak klo kita kerja itu dikasih kemampuan dalam hal fisik dan non fisik? itu yang ngasih Allah, karena kita sehat kita bisa kerja. Trus yang perintahin buat zakat siapa? Allah juga kan? itung2 wujud terima kasih ke Allah lah (kok itung2? parah!). Jangan cuma ngasih uang terimakasih ke Pak RT doang saat pembuatan KTP (curhat). Hehehe,,, lagian jumlah zakatnya juga gak gede kok, cuma 2,5 persen dari penghasilan kita. Kecil bianget kan? ga ada apa-apanya lah. Tapi terkadang kita itu lupa sama hal kecil begituan. Makannya setiap kita nerima gaji. Langsung aja disisihkan uang senilai 2,5persennya buat zakat. Masukin kotak amal atau apalah, dengan diniatkan zakat penghasilan bukan sedekah. gampang kan. Tapi lagi-lagi faktanya memang yang agak susah. Yok sama-sama belajar.

Buat yang ga kerja, atau cuma dapet jatah dari suami atau orang tua. Boleh loh belajar zakat. 2,5 persen dari uang kiriman. siapa tau aja karena kita zakat, tiba-tiba ortu bakal ngirim uang lagi. EIIIITS!!! stop! tapi jangan diniatkan kalo zakat buat hal begituan yah. Niatnya cuma membantu yang berhak dan melaksanakan kewajiban. urusan bonus kedepannya kan urusan ALLAH, ya gak? hasil zakatnya bisa disalurkan ke ane juga bisa (ups), TIDAAAAAAAK!!! Maksudnya orang yang berhak. atau lebih simpel. kasih aja pengemis atau masukin kotak amal. Ane dan segelintir orang si mau buat program utk ngumpulin uang zakat kita trus kan jadi gede trus kita ke panti asuhan atau kemana gitu beli sebako utk kebutuhan mereka. Tapi gak pernah kesampaian, jumlah orang terlalu sedikit jadi uang yang terkumpul juga gak banyak. Yah kalo kalian mau gabung juga gak papa, gak maksa... eiiiitsss,,, tapi kalo bisa si kotak amal juga udah cukup... yang penting zakat.

CERITA:
Dulu sebelum ane jadi workaholic, ane gak tau masalah beginian. jadi tiap kerja, dapet gaji n hemat uang sehemat mungkin. Tapi mikir, kok perasaan habis gak tau kemana ya uangnya, gak jelas. besar kecil yg didapet, tetap aja habis duitnya. Ternyata teman menampar saya (lebai) menegur saya yang mungkin lupa utk zakat. Beuuuuuuuh! dahsyat bro! ketika itu saya lakukan dalam beberapa bulan. uang yang saya dapatkan dari bekerja keras itu meskipun tetap aja habis, tapi minimal jelas habisnya kemana dan terarah. Penggunaanya terkesan di ridhai ALLAH bro... Dahsyat kan? cuma 2,5 persen loh, gak ada apa-apanya...

Yuk Zakat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar mu sangat berarti :