Indah

Memulai cerita hari ini dengan sebuah kata terindah. "Perjuangan"

Selasa, 04 Oktober 2011

Menjadi Penyiar Radio


Tepatnya saat duduk di kelas 1 SMA, bisa dibilang itu masa-masa kita sebagai remaja untuk mengeksiskan diri dan menunjukkan apa bakat yang kita punya. Saat itu gw berumur 16 tahun.

Pada bulan Februari gw dapet informasi dari temen tentang pembukaan lowongan penyiar radio di PRO 2 FM Bandar Lampung, salah satu radio anak muda paling TOP saat itu. Temen gw yang berinisial "Y" yang juga alumnus dari radio itu mencoba untuk nyuruh gw daftar jad penyiar radio... Tanpa berfikir panjang dan banyak cing cong dan mencoba tau diri tentang kemampuan gw. Langsung aja gw daftar untuk menjadi penyiar... Saat itu gak ada dalam otak gw untuk bisa lolos karena gw nyadar sendiri lah tentang kemampuan gw. Dan tiba-tiba gw dipanggil untuk ikut audisi...

Datanglah gw ke Gedung RRI tepatnya di auditorium pada hari minggu. dan setelah gw datang dengan 1 langkah melewati gerbang gedung RRI... Hati gw langsung DROP!!! gimana gak drop, semua peserta yg dipanggil itu ternyata anak gaulnya bandar lampung. dari kasat mata aja udah keliatan kualitas gw dengan mereka. gimana gw mau lulus. mereka semua datang dengan mobil atau motor, minimal diantar dg ortunya pake mobil lah. Lah gw!!! turun mobil dg naek angkot. Dari pada gw harus pulang lagi dan rugi diongkos. Apa salahnya gw ikut audisi pertama dengan perasaan yang penuh minder (Busyet!!! mereka modis-modis men), gw cuma pake sendal jepit, jeans panjang biasa dan kaos oblong yang gak ada trendnya sama sekali... 

Gw langsung mulai masuk ke gedung auditorium RRI dan hanya diam saja! dan gw ngeliat ada ratusan orang yang ikut test dan itu sudah diseleksi (bayangin berapa orang yg daftar yah?). dengan mengindap-indap gw masuk kegedung dan mencoba mengikuti iseng-iseng aja di sana... Yang membuat gw agak optimis dikit yaitu, untung temen gw yang ngajak gw audisi menjadi senior dan berdiri dideretan penyiar senior. 

Acara dimulai....
Vero Carloza yang merupakan penyiar terkenal di Bandar Lampung yang sekarang kabarnya jadi MD di Radio 99ERS Jakarta itu membuka acara dan ngasih tau rangkaian audisi... Audisi kali ini peserta disuruh maju satu persatu kedepan auditorium untuk jadi MC sejenis VJ gitu lah dengan menggunakan Bahasa Inggris... akhirnya giliran gw maju dan gw di kasih tema yang masih gw tau lah... Selesai 10 menit gw nge VJ didepan ratusan orang... Awalnya gerogi tapi karena gw emang paling hobi yang namanya ngoceh, jadi ujung-ujungnya santai aja... Nah!!! setelah gw nge VJ, gw diserang pertanyaan dengan 5 dewan juri untuk sesi debate tentang tema yang gw ocehin tadi... karena gw cukup lancar speaking english dan lumayan senang untuk debat. Yah gw pake waktu itu untuk debate... ternyata salah satu dewan juri itu merupakan juara Debate English tingkat provinsi,,, Tapi karena udh biasa debate jg, jd gw bisa mengatasinya dengan baik. Gw mulai ke PD an... hahahahaha...

Selain itu juga, ternyata peserta disuruh unjuk bakat. dan saat sesi unjuk bakat mereka ada yang menampilkan bermain piano, akting, menari, dance, break dance dan bakat-bakat gaul lainya... saat giliran gw, gw bingung untuk unjuk bakat apa... Akhirnya gw nekat buat puisi dadakan. hahahaha... dan selesai acara hari itu dan gw langsung pulang dengan rasa lega. Pengumuman lolos jadi 64 besar diumumkan di radio malamnya.

Tadinya gw gak PD untuk ikut ini... tapi temen SMA gw yang udah jadi senior disana bilang, kemaren lo bagus banget. dan memang gw juga ngerasain sih (sombong). akhirnya gw punya ke PD an untuk niat menjadi penyiar radio...
Malam gw mencoba mendengarkan radio dan nama gw disebut lengkap dengan nama sekolah gw! SMA Negeri 10 Bandar Lampung di urutan ke 2. Dan minggu depan gw ikut audisi yang ke 2.

Akhirnya gw datang ikut audisi yang ke 2... Audisi ini agak berbeda... ruangan juga lebih sempit dari auditorium... 64 peserta yang terpilih hanya disuruh keliling2 ruangan yang berjumah 5 ruangan. Ruangan 1: test vokal dan pengetahuan musik (nebak judul lagu, penyanyi dll, dan disuruh nyanyi) dan saat itu gw nyanyi lagu glen fredly akhir cerita cinta, seperti yang gw pikirkan semua orang ketawa diruangan itu karena memang gw nyadar suara gw fals dan nebak judul lagu dan penyanyi pun gw salah apalagi yang mancanegara. Gw gagal di Ruangan 1. Menuju Ruangan 2: test bakat dan prestasi, lagi dan lagi gw baca puisi sampe dewan jurinya nanya, amu kok baca puisi terus??? kemudian karena gw juara paskibra sebelumnya, gw disuruh gerak jalan kyk orang bego diruangan itu, dan disini jg kita dilatih mental. tepatnya dikerjain abis2an untuk melatih bahwa "penyiar harus gak tau malu" dan hampir gw disuruh aktik pacaran dengan cowok! dan jadi orang gila... Di Ruangan 2 gw lumayan sukses lah. Menuju ruangan 3: Test Vocal penyiar dan pengetahuan tentang ke PRO2an, gw mencoba untuk take siaran disini dan dihajar abis tentang pertanyaan seputar radio ini, seperti nama penyiar, nama acara, sejarah dll. Gw gagal! karena gw seumur hidup gak pernah denger radio apalagi pro 2 FM... hadoh! Kemudian gw menuju ke Ruangan 4: Sharing. Disitu gw ditanya lebih mendalam tentang diri gw, kepribadian gw, tujuan gw kesini, motivasi dan lain-lain... Sukses banget gw disini. Akhirnya menuju Ruangan 5: English session; disini gw cuma disuruh baca reading teks english sambil siaran pake bahasa inggris. Ini jg gw sukses. 

Menunggu pengumuman dan akhirnya gw lolos ke 32 peserta terbaik... dan minggu depannya lagi gw ikut audisi. audisi ini lebi simpel... gw cuma disuruh siaran Live! bareng penyiar selama 1 segmen... akhirnya giliran gw selesai dan langsung diumumkan hari itu jg sorenya... kalo gw lolos ke 16 besar... kemudian gw training selama 3 bulan sampai pada akhirnya tersisa 8 orang untuk siaran selama 1 tahun... karena tahun depannya gw fokus untuk Ujian Nasional...

Jangan Malu untuk mencoba Apapun karena sebenernya ada bakat yang kita punya tapi kita sendiri gak tau itu sebelum dicoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar mu sangat berarti :