Indah

Memulai cerita hari ini dengan sebuah kata terindah. "Perjuangan"

Kamis, 06 Oktober 2011

Menjadi Takmir Masjid

Bulan Juni sampai dan agustus seharusnya gw libur selama 2 bulan untuk menikmati rehat kuliah antar semester. Tapi karena IP gw anjlok, gw terpaksa harus ikut semester pendek di bulan tersebut dengan mengambil mata kuliah Fisika dan Kimia karena gw dapet nilai C. Dalam seminggu gw cuma kuliah 8 jam dan sisanya nganggur gak ada kerjaan. Selain kuliah, gw saat itu juga menjalani training penyiar radio MQ FM Yogyakarta. Namun karena dirasa hari-hari gw menjenuhkan dan banyak waktu kosong. Gak tau ada malaikat apa yang nyangkut di otak gw. sampe2 gw kepikiran untuk kursus baca al-qur'an(mungkin karena terpengaruh gw training di MQ FM=Radio Islam Jogja) iseng2 sambil ngisi waktu... Nah gak sengaja gw liat brosur iklan di Radio MQ tempat kursus ngaji TOP BGT di jogja yaitu Masjid Syuhada Yogyakarta.

Tanpa pikir panjang besoknya gw langsung mencari lokasi Masjid tersebut dan sempet pusing mencari alamatnya yang emang agak ribet. Dan akhirnya ketemu dan gw langsung ke bagian kesekretariatan untuk daftar kursus ngaji. Gw emang punya pikiran kalo hari itu gw cuma sekedar tanya-tanya dulu dan membandingkan harga yang murah dg masjid lain. Nah gak tau kenapa tiba-tiba si panitia menawari gw untuk mendaftar menjadi panitia ramadhan di majid tersebut karena memang saat itu juga sudah mendekati waktu ramadhan.

IDE BAGUS! 
Karena gw pikir iseng2 dari pada gw gak ada kerjaan di jogja. Akhirnya gw ambil aja tuh tawaran dan langsung kerja jadi panitia agenda kegiatan ramadhan masjid syuhada. Dan gw juga baru tau kalo masjid syuhada ini masjid kebanggaan di Yogyakarta dan bisa dilihat dari rangkaian acara ramadhan yang dibuat. KUEREN2 BGT... sampe ketua MPR dan jajaran orang penting di Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mulai besoknya gw masuk dalam kepaniian TASHOBUK (Talkshow dan Bedah buku) ---tujuan gw supaya gw punya banyak chanel tentang buku dan dapet buku gratisan--- dan ternyata kepanitian di divisi gw kacau sampe-sampe ketua panitianya gak pernah hadir karena ada kegiatan KKN dan PPL, dan anggotanya hanya 4 orang. Nah karena berasa bertanggung jawab dan mumet dan melihat kegiatan di divisi gw kacau. Akhirnya gw ditunjuk untuk jadi koordiator kegiatan acara itu. MUMEEEEEEEEET!!! ---sama sekali gw belom pernah buat acara sebesar ini dan menjadi PJ lagi. padahal tujuan gw kan untuk belajar disini! hah!---

Mau gak mau karena gw ditunjuk jadi koordinator, akhirnya gw disuruh pindah kos di asrama Masjid Syuhada Yogyakarta. Dan gw pindah saat itu juga. Gw satu kamar dengan 4 orang dari jawa barat. karena memang penghuni asrama rata-rata dari jawa barat dan lulusan pesantren dan kuliah di UIN jogja. dengan semangat yang pas-pasan gw berasa bekera sendiri untuk mensukseskan acara ini. Hitung-hitung cari muka untuk bisa menetap di asrama ini. Akhirnya selama 2 bulan gw mempersiapkan acara ini, dan ketiga acara gw dibilang acara paling sukses dari semua acara yang ada... Kesuksesan acara gw banyak ditemani dengan kisah sedih dan mengharukan dan cukup gw aja yang tau. dan setidaknya gw dapet pelajaran banyak jadi panitian disana.

Acara gw selesai dan gw di suruh untuk menjadi penghuni asrama masjid syuhada dengan syarat gw harus ikut test seminggu sebelum lebaran! SIAL! gw udah capek-capek berjuang selama 2 bulan untuk jadi panitia yang sangat baik supaya lolos jadi penghuni asrama. Malah tanggal yang ditentukan panitia seminggu sebelum lebaran. Padahal gw udah pesen tiket dan memang harus mudik 10 hari sebeuim lebaran. Akhirnya gw memutuskan untuk pulang dan meninggalkan asrama syuhada. kabarnya ada test susulan, tapi itu cuma kabar angin. dan akhirnya gw dikasih waktu satu bulan untuk meinggalkan asrama dan gw merasa diinjak-injak dengan mereka dan sempat stress. Tapi gw berfikir positip aja setidaknya gw tau tentang hidup yang sebenernya... saat awal gw diperlakukan kyk raja karena memang tenaga gw dibutuhkan. tapi begitu acara selesai, gw dibuang gitu aja... hahaha... CUKUP TAU AJA!!!


Tapi gw menyadari secara sadar kalo kesepakatan itu dibuat oleh pengurus masjid ---sesepuh masjid--- jadi gw juga gak bisa menyalahkan mereka. dan akhirnya gw meninggalkan asrama dan menguburkan impian gw untuk tinggal di masjid itu menjadi takmir masjid. Akhirnya gw pindah kos. dan sampai saat ini juga gw tetap menjadi bagian dari keluarga Penghuni Asrama Masjid Syuhada Yogyakarta, karena memang sudah terlalu banyak kisah dari asem, asin, manis, pahit dan rasa apa aja udah gw rasain bersama mereka. sampe gw ngerasa mereka semua keluarga gw... 

Buktinya karena sampai detik ini gw masih diundang secara terhormat dalam setiap kegiatan,,, karena syuhada gw anggep sebagai keluarga gw yang ke dua,,, 


LUAR BIASA PERNAH TINGGAL 3 BULAN DI MASJID PENUH SEJARAH DI PROPINSI YANG PENUH SEJARAH PULA!!!

1 komentar:

Komentar mu sangat berarti :