Indah

Memulai cerita hari ini dengan sebuah kata terindah. "Perjuangan"

Jumat, 08 Juni 2012

Sejarah Thomas Cup


Tumpulnya taring Bulutangkis Indonesia
           
Gan! Ibarat dalam sebuah putaran roda, posisi timnas bulutangkis indonesia sedang berada diposisi dasar. Mungkin itulah analogi yang tepat untuk menggambarkan redupnya prestasi timnas Thomas-Uber kita. Pada lanjutan kompetisi Thomas dan Uber cup yang berlangsung di Wuhan, China 20-27 Mei 2012 tim thomas kita ditumbangkan dengan skor 2-3 oleh jepang di perempat final. Tak jauh berbeda, tim uber kita pun mengalami nasib yang sama, yaitu kandas ditangan tim jepang dengan skor yang sama yaitu 2-3 pun juga di perempat final. Ini menjadi catatan kelam bagi dunia perbulutangkisan indonesia mengingat kita menjadi salah satu negara yang punya taring dalam cabang olahraga ini.
            Seperti diketahui, tim thomas kita tidak pernah absen di semifinal sejak 54 tahun yang lalu, bahkan bukan hanya itu timnas kita telah 13 kali menjadi raja di tournament yang sejak tahun 1982 berubah menjadi  ajang bulutangkis 2 tahunan ini. Untuk tim uber kita kondisinya lebih memprihatinkan setelah sejak tahun 1996 tak pernah meraih gelar juara.
            Penyebab utama kegagalan Indonesia di ajang Piala Thomas-Uber 2012 adalah sistem pelatihan di Pelatnas PBSI tidak berkesinambungan. Selain itu juga program latihan yang selalu berubah setiap lima tahun membuat atlet tidak focus akan kemampuan yang dimiliki. Seharusnya PBSI sebagai organisasi tertinggi perbulutangkisa ndonesia mempersiapkan diri lebih awal pada suatu turnamen sehingga atlet siap untuk menang dalam betanding. PBSI juga harus melakukan evaluasi dan pembenahan secara menyeluruh. Pengurus PBSI, atlet, dan pelatih harus bekerja sama untuk mengembalikan kejayaan bulutangkis Indonesia. Ibarat nasi telah menjadi bubur, bak sesuatu yang tidak bisa kita tanggulangi maka satu-satunya cara yang paling bijak adalah menatap mas depan perbulutangkisan kita. Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi olimpiade 2012 yang berlangsung di London 27 Juli-12 Agustus mendatang. Lebih jauh lagi kita juga harus menatap tournament-tournament lain yang membutuhkan persiapan matang dan bukan lagi persiapan instant saja. Tentu kita semua punya harapan besar agar taring perbulutangkisan indonesia dikancah dunia akan kembali tajam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar mu sangat berarti :