Indah

Memulai cerita hari ini dengan sebuah kata terindah. "Perjuangan"

Jumat, 08 Juni 2012

STRATEGI BISNIS


Banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa memulai suatu bisnis jauh lebih mudah dari pada mempertahankannya. Banyak bisnis yang dimulai dengan sesuatu yang sangat terencana dan terperinci sehingga dapat mencapai puncak kebesaran dalam waktu yang singkat. Namun belum tentu semua bisnis besar yang sukses dengan mudah dapat bertahan lebih lama sesuai yang kita inginkan. Banyak perusahaan yang hanya bertahan dalam mencapai puncak bisnis dalam waktu tertentu yang kemudian sedikit demi sedikit mengalami kemunduran bahkan harus gulung tikar. Hal tersebut biasanya terjadi karena kita membuat suatu perencanaan bisnis sangat matang tapi tidak dibarengi dengan strategi bisnis yang jitu sehingga pola pikir kita hanya bagaimana menjalankannya saja dari waktu ke waktu tanpa memikirkan bisnis dalam jangka waktu panjang. Membuat strategi dalam berbisnis sama halnya menyusun puzzle demi puzzle sebuah konsistensi masa depan dalam berbisnis. Oleh karena itu, seorang pebisnis harus cerdas dalam menentukan strategi yang jitu sehingga memiliki arahan yang jelas pada bisnisnya. Terdapat beberapa strategi dalam berbisnis yang memiliki arahan yang jelas adalah:
1. Mengenal dengan baik keadaan bisnis anda saat ini;
Lakukanlah pengamatan pada bisnis anda secara menyuluruh untuk mengetahui keadaan bisnis anda sekarang sehingga anda mengetahui letak kelebihan dan kelemahan dalam bisnis anda. Posisi yang paling sensitif sangat perlu untuk di amati seperti kinerja naik turunnya keuangan anda, bagaimana kepuasan pada pelanggan anda, bagaimana kualitas kinerja staff penjualan anda, bagaimana tren pemasaran dan penjualan saat ini yang selalu berubah-ubah, produktivitas perusahaan dan lain sebagainya. Selain dalam hal internal anda juga harus mengenal kondisi eksternal perusahaan seperti: bagaimana keadaan pesaing bisnis anda? bagaimana perubahan pasar yang terjadi? sehingga anda dapat bersikap realisitis, kritis dan obyektif dalam menjalankan bisnis. Baca semua ha tersebut dengan menggunakan analisis SWOT untuk tau bagaimana peluang dan ancama pada masing-masing bidang yang ingin anda amati.
2. Tentukan Tujuan Bisnis secara Real
Tentukan tujuan anda menjalani bisnis dalam jangka waktu 3, 5 sampai 10 tahun kedepan kemudian buatlah alur perjalanan bisnis anda secara bertahap sehingga anda mengenal dengan jelas apa yang ingin anda capai dan apa yang harus anda lakukan untuk mencapai tujuan itu.
3. Tinjau Ulang Strategi
Seperti melihat pada keadaan pasar global yang bersifat dinamis saat ini, terkadang strategi yang sudah kita buat sebelumnya tidak sesuai dengan kondisi pasar. Maka perlu anda merubah suatu strategi sesuai denga kondisi market saat ini. Cek kembali setiap strategi mana kah yang masih relevan dengan keadaan masa kini,  sehingga updating pada bisnis anda akan terus berjalan seiring perkembangan zaman dan bisnis anda tidak akan ditinggal pasar karena terbawa zaman. Hal tersebut dapat membantu bisnis anda berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan pasar dalam jangka waktu 3, 5, 10 bahkan sampai waktu yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar mu sangat berarti :