Indah

Memulai cerita hari ini dengan sebuah kata terindah. "Perjuangan"

Kamis, 31 Mei 2012

Pemimpin

Karakter Pemimpin Perusahaan


Bagaimanakah anda menilai seorang sosok pemimpin dala perusahaan anda bekerja? Akankah pemimpin anda menjadi seorang pemimpin yang anda segani? dan bagaiamana jika tahta kepemimpinan dipercayakan kepada anda? Apakah anda merasa masih takut untuk menjadi seorang pemimpin yang berkarakter? dan disegani oleh bawahan anda? Menjadi sorang pemimpin dalam sebuah perusahaan adalah salah satu posisi jabatan dimanapun dan apapun tempat perusahaan anda bekerja. Apakah yang terlintas di benak pikiran anda ketika anda mendengar jabatan seorang pemimpin? Cerdas? Sempurna? Galak? Perfectionis? dan tidak menyenangkan? Bagaimanapun karakter yang anda gambarkan dalam imajinasi anda tentang seorang pemimpin, mau tidak mau suatu saat anda juga akan menjadi seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan atau untuk hidup anda sendiri. Lalu bagaimanakah menjadi seorang pemimpin yang baik dan benar dalam sebuah perusahaan? Sehingga anda dapat disegani oleh seluruh karyawan dan dapat mengembangkan kemajuan bagi perusahaan anda. Berikut adalah karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang harapan sebuah perusahaan.
1. Visioner
Anda harus paham dengan benar tentang tujuan perusahaan anda, mau tidak mau andalah yang akan menjadi motor penggerak dalam perusahaan anda. Anda juga harus dapat menentuka arah tujuan perusahaan anda kedepan. Anda harus menentukan langkah konkrit tentang kemajuan perusahaan anda.
2. Teladan
Seorang pemimpin akan tergampar seorang makhluk yang sempurna dihadapan bawahannya, oleh karena itu, seorang pemimpin harus dapat memberikan contoh yang baik terutama dalam bekerja di perusahaan sehingga dapat di contoh dengan para bawahannya, Kalau pemimpinnya baik, bawahannya juga akan mencontoh sebuah kebaikan. Dan perusahaan anda juga insyaALLAH akan berjalan dengan baik.
3. Berani Salah
Berapa banyak pemimpin yang salah kaprah mengenai masalah ini? seringkali kita lihat seorang pemimpin yang begitu marah ketika melihat bawahanya melakukan sebuah kesalahan? Pemimpin yang baik, adalah pemimpin yang berani memberikan ruang kepada bawahannya untuk melakukan kesalahan. No Body perfect, sesempurna apapun seorang bawahan dalam bekerja, pasti akan melakukan sebuah kesalahan. Biarkan seorang bawahan mencerdaskan dirinya dengan cara berlajar dari sebuah kesalahan yang pernah dilakukan. Begitu pula anda. Ketika anda menjadi seorang pemimpin yang berbuat salah, maka bawahan anda akan ternsenyum melihat kecerdasan anda menangani kesalahan yang sudah anda buat. Biarkanlah kesalahan menjadi guru bawahan anda dalam bekerja.
4. Berkharisma
Kharisma seseorang dalam memimpin memang tidak bisa dibeli dengan apapun, namun anda sebagai seorang pemimpin perusahan bisa mempelajarinya dengan melakukan sebuah kebiasaan-kebiasaan. Kharisma seorang pemimpin akan muncul beriring dengan citra yang dimiliki, selain itu juga seorang pemimpin harus pandai-pandai berkomunikasi dengan para bawahannya, seorang pemimpin yang hebat tau bagaimana dia berkomunikasi dengan masing-masing karyawan. Sehingga kharisma dari seorang pemimpin akan dapat dirasakan dengan sendirinya oleh para bawahan.
5. Question and no advice
Memberikan nasihat kepada bawahan memang sangat benar. Namun terkadang, para bawahan sangat tidak senang dengan istilah "mengguri" yang ditimbulkan oleh seorang pemimpin yang selalu memberi nasihat. Karyawam seolah tak pernah di hargai atas etos kerja yang selama ini dia lakukan. Terkadang, memberikan pertanyaan seputar masalah-masalah perusahan kepada bawahan akan menjadi bijak, sehingga membuat para bawahan merasa di hargai dan menjadi agent of solution dalam sebuah perusahaan. Ketika anda sudah benar-benar bertanya dengan baik dan mendapatkan pertanyaan dengan baik pula, anda akan menemukan solusi yang tepat dalam menghadapi masalah perusahaan yang ada.

Menjadilah seorang pemimpin yang good vision, and good characther...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar mu sangat berarti :