Indah

Memulai cerita hari ini dengan sebuah kata terindah. "Perjuangan"

Selasa, 15 Mei 2012

AKHLAK BISNIS

PENTINGNYA AKHLAK DALAM BERBISNIS


Bisnis adalah kegiatan yang berorientasi pada keuntungan. Tapi apakah pernah kita menyadari jikalau keuntungan yang selama ini kita dapatkan di berkahi Allah SWT? Agama Islam selalu mengajarkan pada kita betapa pentingnya manusia berakhlak mulia, akhlak mulia akan timbul jika dibarengi dengan sikap serta ibadah dalam sehari-hari.
Pernahkah kita pikirkan sebelumnya bahwa kesuksesan bisnis yang telah kita jalani selama ini dibarengi dengan akhlak baik yang kita punya. Akhlak, kajian yang sangat penting dalam membahas berbagai prilaku dan sikap manusia dalam melakukan suatu tindakan dalam keseharian. Dalam berbisnis juga tentu sangat memerlukan akhlak yang baik dalam melakukan setiap tindakan bisnis, seperti kejujuran, profesionalitas dan inovasi. Kejujuran dimaknai sangat penting dalam berbisnis, bayangkan saja jika kita sudah berani berbohong dalam hal kecil di dalam bisnis yang kita jalani. Itu sama saja kita membohongi Allah SWT, kita memang mendapat untung besar bahkan sangat besar. Namun keuntungan yang kita dapat tidaklah mendapat berkah dari Allah SWT. Keuntungan yang berlimpah yang kita dapat hanyalah keuntungan semu yang kita dapatkan dari sebuah ketidakjujuran, kita tidak pernah menabungkan keuntungan bisnis kita pada akhirat karena kita selalu berpikir pada keuntungan dunia saja. Keuntungan besar  yang didapat didunia tidak berarti apa-apa jikalau didapat dari cara membohongi manusia dan Tuhan. Harta yang didapat aka menjadi cacing pada kubur nanti dan bisnis yang kita jalani sungguh tidak di berkahi Allah SWT. Berbuat jujur sangat penting dalam berbisnis, karena dengan kejujuran setiap orang yang berkecimpung dalam bisnis kita akan percaya dan menaruh harapan lebih serta simpatisasi tersendiri akan kemajuan bisnis yang kita jalani. Kejujuran dalam berbisnis juga telah di contohkan Nabi Muhammad SAW dalam Al-Qur'an, bagaimana Beliau sangat jujur akan bisnis yang dia jalani yaitu berdagang. Keuntungan sedikit yang didapat dari bisnis yang dijalani dari sebuah kejujuran akan membuahkan nilai yang besar di mata Tuhan daripada keuntungan besar pada sebuah bisnis yang dijalani dengan ketidakjujuran.
Sama halnya dengan profesionalitas dan inovasi. Jika dalam berbisnis kita tidak menegaskan sebuah profesionalitas yang sesuai dengan hakiki agama islam, sebenarnya profesionalitas yang kita lakukan hanyalah profesionalitas semu dan hanya membuang tenaga dan pikiran karena sesungguhnya tidak di berkahi oleh Allah SWT. Profesionalitas harus dibarengi dengan nilai-nilai agama dalam menjalankannya sehingga dalam makna profesionalitas dalam berbisnis kita memasukkan nilai-nilai agama sebagai pedoman kita dalam berbisnis. Semua hanya Allah, totalitas dan profesionlitas yang kita lakukan semata-mata demi Allah SWT, sungguh keuntungan dunia akan mudah lebih didapat dan jalan serta langkah dalam berbisnis akan diprmudah oleh Allah. Selain itu juga bisnis yang kita jalankan akan memunculkan nilai-nilai profesionalitas yang hakiki islami.
Berbisnis dengan akhlak yang mulia merupakan cara bisnis yang paling mulia, bayangkan saja jika berbisnis tidak dibarengi dengan kejujuran, profesionalitas dan inovasi yang benar. Bisnis tersebut hanya terorientasi pada sebuah ketamakan dan kerakusan dalam kuntungan yang besar. Pebisnis hanya berpikir pada keuntungan dunia semata tanpa perduli untuk keuntungannya di akhirat kelak.
Percayalah jika berbisnis dibarengi dengan akhlak yang mulia, maka Allah SWT senantiasa akan membuka mata hati umatnya dalam menjalankan bisnis sesuai dengan keputusann-Nya. Allah akan memberikan jalan keuntungan yang besar pada umat yang berbisnis memiliki orientasi keuntungan pada akhirat dan nilai-nilai agama. Sungguh itu janji Allah pada Umatnya yang berbisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar mu sangat berarti :