Indah

Memulai cerita hari ini dengan sebuah kata terindah. "Perjuangan"

Sabtu, 19 Mei 2012

Budaya Ramah


Gan! hampir setiap hari sabtu gw selalu bolak-balik jogja solo karena gw kuliah di jogja dan harus kerja di solo. Pergi pagi-pagi buta dan pulang malam-mala buta. Nah kali ini gw mau komentarin tentang salah satu budaya timur yang ada di Indonesia yang sudah hilang. Padahal budaya ini dulu sangat di acungi jempol banget loh gan dengan bangsa timur lain ataupun bangsa di Dunia. Apakah itu?

Tepat pagi-pagi buta gw ke stasiun tugu jogja untuk naek kereta PRAMEKS (Prambanan Ekspres) Tujuan jogja - solo. Budaya senyum yang sudah hilang gan! hampir seluruh karyawan kereta api yang ketemu gw hilang senyumnya. Padahal baik jogja, atapun solo kan terkenal degan ramah dan tamahnya terhadap orang lain yang jahat atau baik. Tapi kenapa ini hilang? gw beranggapan kalo ini mungkin karena mereka kecapekan kerja gan atau karena mereka bosen dengan rutinitas kerja yang mereka lakukan tiap hari. Tapi gak semua karyawan si. Masih ada kok karyawa yang baik dan murah senyum, cantik lagi. Tapi ini penting loh gan untuk meng eksistensi kan khasbudaya jogja dan solo di mata Indonesia dan dunia. Kalau budaya ramah tamah aja udah ilang trus apa lagi yang mau di banggakan dari bangsa timur? Hal kedua yang gw pikirin mungkin budaya ini hilang karena sudah terlalu banyak orang asing non jogja yang sudah mencampur di kota jogja, jadi mungkin orang aslinya malah terpengaruh dengan orang luar. Ada 2 pilihan sebenarnya. Pendatang yang terpengaruh akan ke ramah-tamahan orang jogja (seperti yang mau gw coba sekarang) atau malah penduduk asli yang terpengaruh dengan budaya luar. Sampe-sampe ada orang jakarta yang katanya anak gaul , bangga banget ngomong gue elo di jogja. kalo gw pribadi ga pernah bangga gan ngomong bahasa gaul ala jakarta di Jogja. Justru gw mau ngerubah gaya bicara gw yang halus seperti orang jogja. Yang lebih parahnya lagi gan, orang bahasa medok khas jogja sekarang banyak yang mencoba gaya bahasa orang gaul jakarta. Meskipun kedengerannya lucu, tapi intinya ini bahaya. Pendatang kok bisa mempengaruhi. Pantes aja gan! banyak rakyat indonesia sekarang yang suka kebarat-baratan, mungkin karena pengaruh orang bule yang semakin meraja di Indonesia, lagi-lagi ini gak boleh terjadi. Yang ada adalah kita bangsa asli harus bisa mempengaruhi pendatang bukan kita malah yang terpengaruh. Ayolah bangga jadi orang jogja, seperti semua orang bangga pada jogja.

Ternyata kereta yang gw naekin masih lama datangnya gan! jadi mau gak mau, dari pada gw pulang ke kos kelamaan, jadi gw berniat untuk dudk menunggu kereta di bangku ruang tunggu stasiun. Hal yang membuat gw mengkerutkan dahi adalah, semua orang disana lebih memilih untuk berdiam diri dari pada beramah tamah dengan orang lain. Padahal budaya Indonesia ataupun jogja itu seharunya ketika ada dua orang duduk berdekatan meskipun gak saling kenal, harusnya kita basa-basi untk ngajak ngobrol dan berkenalan serta berkomunikasi, tapi budaya itu sudah jelas meralas hilang gan. Semua orang merasa asing satu sama lain. Gw mencoba untuk ngajak ngobrol orang disamping gw, basa-basi, kayaknya anak muda dari kota gaul jakarta. "mau kemana mbak?" pertanyaan klasik penuh basa basi memang tapi gw rasa ini budaya jogja yang harus dipertahankan dijadikan simbol ramah tamah jogja. Banyak pertanyaan yang gw keluarin ternyata dia jawab dg ekspresi songong sambil asyik mendengarkan walkman, dy mungkin lebih nyaman sendiri. Ketika gw ngobrol dg ibu-ibu sedikit tua yang kayaknya jawa tulen. ternyata ibu ini sangat ramah. Pertanda apa ini gan? menurut gw ini pertanda kalau anak muda sekarang lebih individualis. Hal ini juga gak terlihat di ruang tunggu gan. Coba deh di kereta api setela gw naek kereta api. semua orang sibuk denga aktivitas sendiri-sendiri. Ada yang baca buku, ada yang denger musi, ada yang bengong mikirin masalah hidupnya mungkin, ada yang bercanda dengan teman. Semua sendiri-sendiri, gw harap semoga budaya basa-basi berbincang di jogja tetap ada.

Yang lebih parahnya lagi gan ketika gw di ruang tunggu di stasiun purwosar solo sambil nunggu jemputan temen gw. gw ngeliat tukang sapu stasiun menyapi kursi dan lantai dari sampa dengan ekspresi kayak mau membunuh orang. ketika gw liat di mau nyapu kursi yang lagi didudukin dengan cewek cantik 2 orang yang lagi berbincang. Padahal makanan itu masih mau dimakan dengan mbaknya, karena makanan itu di taruh di samping tepat duduk mbaknya, dengan tanpa perasaan tukang sapu itu menyapu seluruh kursi mbaknya dan lantainya tanpa bilang permisi. sampai-sampai kaki mbaknya kesapu dan ketika dia menyapu kursi, makanan yang mau dimakan mbaknya juga di sapu sampe bokong mbaknya kesodok. Nah! yang gw anehin gan! kenapa mbaknya biasa aja gak perduli. Seharusnya kan dia marah atau menegur tukang sapu itu. Malah mbaknya menengok bentar trus melanjutkan ngobrol dengan temannya. Gw bingung sebenarnya ada apa dengan realitas yang gw liat. Ketika gw menoleh kekanan gw ngeliat ada satu cewek cantik yang asli sendirian, dy mendengarkan handsfree mendengar musik. Mungkin saking kenceng suara musik di telinganya. Dengan PD nya dia menyanyi dengan suara fals yang sangat keras di keadaan stasiun yang hening. Sumpah pengen ketawa gw liat mbaknya. Sampe2 ada sekelompok orang yang juga menunggu di stasiun mengejek mbaknya pertanda nyuruh mbaknya berenti. Tapi mbaknya tetep gak mo berenti, kalo yang satu ini gw gak tau salahnya di mana. Kayaknya banyak orang yang sekarang yang memiliki pribadi individualis plus autis seperti mbaknya. Bahaya gan buat jogja.

Ketika di kereta pun gw gak dapet tempat duduk, kalaupun dapet gw ngalah, karena gw cowok dan masih muda. Tapi rasanya aneh ketika gw ngeliat dikereta banyak orang yang gak peduli dengan wanita, orang tua dan anak kecil. gerbong khusus wanita juga di penuhi laki-laki. Semua laki-laki perkasa duduk aja di kursi didepan ibu-ibu tua. Memprihatinkan. Padahal apa salahnya coba berdiri di kereta sampe solo selama 1 jam lebih. gak akan bikin kaki kita pincang gan!

Yang lebih bikin gw gedegnya lagi. Ada cowok yang berdiri di samping gw, jelas-jelas dy gak sengaja mukul muka gw karena mau pindah. Tapi meskipun gw gak berharap untuk dia minta maaf, tapi dengan wajah yang gak merasa bersalah dy cuek aja gan! pengen gw gebuk rasanya kepalanya itu. Tapi untung gw sabar saat itu. Itu mungkin anak muda yang udah mati rasa. gw diemin aja dy. n gw langsung pura-pura gak tau. setidaknya apa salahnya dia bilang, maaf ya mas, sy gak sengaja, atau bilang "sorry". Sakit jiwa anak muda zaman sekarang.

Itulah gan yg gw rasakan dalam perjalanan dikereta. Sebenernya masih banyak lagi hal yang sudah hilang di budaya jogja dan solo tapi gw gak mau bahas lagi karena gw pikir ini aja udah parah dan bingung mau memperbaikinya dari mana. Cuma gw merasa kasihan dengan jogja n solo harus kehilangan kharismanya. Dan sampe detik ini gw masih berfikir kalo orang yang jadi bintang cerita gw diatas adalah okum belaka bukan perwakilan dari akhlak anak muda zaman sekarang yang rusak. Semoga gan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar mu sangat berarti :