Indah

Memulai cerita hari ini dengan sebuah kata terindah. "Perjuangan"

Kamis, 28 Juni 2012

Etos Kesuksesan



Etos kerja tidak tumbuh begitu saja dalam masyarakat, etos kerja timbul beriringan dengan dinamika kehidupan yang didampingi dengan perkembangan global yang begitu cepat. Oleh karena itu, etos kerja semakin dianggap penting oleh berbagai kalangan. Etos kerja dalam diri seorang manusia itu didasari dalam 5 hal yaitu: Amanah, Panggilan, Aktualisasi, Ibadah dan Pelayanan. 5 hal tersebut didasari pada peradaban manusia yang terus berkembang.
Secara tidak langsung, nilai-nilai kelima hal tersebut menuntun masyarakat yang kemudian mendayagunakan segala kemampuan yang dimiliki untuk mencapai kesuksesan. Namun, lantas tidak hanya kelima hal tersebut saja yang mempengaruhi seseorang sukses. Didalamnya terkandung unsur-unsur kerja keras yaitu: aksi, keringat, darah, dan air mata untuk menggapai hasilnya. Sehingga manusia dapat mengeksplorasi dan mengeksploitasi unsur tersebut dan mengubahnya menjadi sebuah aktualisasi yang berguna pada proses kesuksesan.
Apakah selama ini kita sering melihat banyak orang yang sudah kerja keras namun belum juga memperoleh sukses? jawabannya adalah ternyata kerja keras hanya tanggapan dan kemungkinan untuk sukses, bukan arti sukses sesungguhnya.  Kita harus kerja keras secara profesional dan terkadang seorang manusia membutuhkan sebuah piranti untuk mengubah kemauan menjadi sebuah kesanggupan dalam makna kesuksesan. Nah, piranti-piranti dalam kesuksesan itulah etos kerja yang sesungguhnya. Lima hal etos kerja tersebut  dijadikan navigator sukses sepanjang perjalanan hidup untuk kita yang mendambakan kesuksesan dengan ketulusan hatinya. 
1. Etos adalah amanah yang berarti bahwa dalam etos kehidupan manusia, kita harus bertanggung jawab dalam setiap langkah yang kita perbuat untuk menuju kesuksesan. 
2. Etos adalah panggilan yang berarti setiap manusia harus bekerja dengan ikhlas dan tuntas yang disertai dengan integritas yang kuat dalam mencapai kesuksesan
3. Etos adalah aktualisasi yang berarti semangat merupakan sebuah kebutuhan dalam bekerja untuk meraih kesuksesan. Tanpa semangat dan kesungguhan. Semua keinginan tak akan menjadi kenyataan dan hanya menjadi dambaan dalam angan pikiran.
4 Etos adalah ibadah yang berarti cinta dalam bekerja juga sangat diperlukan. Seseorang yang bekerja penuh dengan cinta dan keseriusan akan memiliki hasil yang berbeda dengan orang yang bekerja serius tanpa kecintaan didalamnya.
5. Etos adalah pelayanan yang berarti bekerja harus dengan kerendahan hati dan secara sempurna. Kerendahan hati menjadi ujung tombak akan kesungguhan seseorang dalam menjalankan hidup untuk menuju keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar mu sangat berarti :