Indah

Memulai cerita hari ini dengan sebuah kata terindah. "Perjuangan"

Jumat, 23 Maret 2012

Kabur dari Rumah

 Pada suatu hari gw liat pengumuman di warnet bareng dengan temen SMP untuk tau lulus atau nggaknya di UGM, karena  3 bulan yang lalu gw ikut test Ujian Tulis masuk UGM... dan akhirnya gak tau kenapa nama gw nyantol dipilihan ketiga Fakultas Peternakan UGM... dibilang kaget karena gw akhirnya jadi mahasiswa dengan almamater Gadjah Mada tapi sedih kenapa dipilihan ke tiga yah(nyadar otak dong!) hahahaha. Peternakan lagi. Hah! Apalah! tapi yang ada di kepala gw cuma  i will be a student of UGM, kampus nomor satu di Indonesia versi Webometric. Jadi gw ngebuat hati gw dengan perasaan bangga pulang kerumah dg ngeprint persyaratan daftar ulang yang gw print langsung diwarnet.
 Pulang kerumah buka pintu dan diam, karena keluarga gw gak ada yang tau kalo gw daftar kuliah. karena Ujian Nasional aja belom dimulai jadi ga mungkin mereka mikir ada ujian perguruan tinggi, karena emang UGM ngadain test 5 bulan sebelum pengumuman UAN. Setelah gw naro tas di kamar dan kembali nemuin temen gw didepan rumah. Ternyata orang tua gw tau kalo gw keterima di UGM karena temen gw yang comel ini yang ngasih tau. Gw sempet marah dg si doi, tp dia beralasan gw harus bangga kalo keterima di UGM, dan ortu harus tau sebagai rasa syukur. OK LAH! Masalah timbul. Ortu gw cuma bisa diem aja dan membuat keadaan seperti biasa.
 Sampai pada waktu daftar ulang seminggu sebelum pengumuman UN. Dipersyaratan kalo daftar Ulangnya harus langsng di UGM di jogja. Padahal pengumuman gw lulus sekolah atau nggaknya aja belum tau. Tapi karena gw deket dg guru SMA, jadi gw udah tau duluan kalo gw lulus. BIMBANG. karena gw bingung keluarga gw sama sekali gak ngomongin masalah kuliah, nyinggung aja nggak. padahal besok sudah mau daftar ulang. karena gw pikir kalo gw buka topik ini duluan gw bakal nimbulan masalah buat keluarga ini. Akhirnya malam sebelum berangkat gw siap-siap dan beres-beres dan keluarga gw jangan sampe tau. Akhirnya siang gw  berangkat dari rumah kayak orang mau kabur dari rumah. Satu orang keluarga gw pun gak ada yang tau kalo gw mau daftar kuliah dijogja. padahal keluar kota aja paling cuma ke palembang doang dan ternyata ortu gw udah telpon ayuk gw(mbak) untuk nganter gw ke terminal. Padahal didepan gw mereka acuh. Orang tua gw syok karena gw nekat kuliah juga diluar kota. Pada saat itu gw masih belom ngerti kenapa ortu gw kayaknya gak seneng gw kuliah di luar kota. TANPA dikasih duit sedikitpun gw pergi dianter ayuk gw ke terminal. Hahaah karena norak belum pernah keluar kota akhirnya gw salah jadwal, nama bis yang gw naekin tenyata ke solo bukan ke jogja dan kalo mau kejogja harus naik bis laen yang berangkatnya sore. balik lagi kerumah, dan sempet dinasehatin dg orang tua. Sebenernya gw agak ragu untuk kejogja karena gw harus ninggalin 2 orang tua gw yang sudah tua dan penyakitan dan 2 adek perempuan gw yang masih berumur 10 dan 2 tahun. Gw ngerasa gak betanggung jawab dengan keadaan seperti itu. Gw gak ngerti siapa yang jagain mereka kalo gw pergi dan pasti mereka juga ngerasa kehilangan. Ini juga mungkin yang membuat orang tua gw ragu untuk ninggalin gw.

Sore itu gw berangkat kejogja untk pertama kalinya naek bis antar kota (norak!) hahahahaha... Keadaan gw semakin menggila saat dijalan. dan gw gak pernah mikir bagaimana gw disana yang penting gw berjuang dan jalanin dulu aja langkah ini. Didalam bus gw bingung kira2 gw bakal turun dimana? apa tanda2nya kota jogja gw juga gak ngerti. Untuk menjawab masalah itu gw mencoba untuk ngajak ngobrol orang2 yang rata2 orang tua didalam bis itu. Ternyata gw dapet satu orang ibu yang ternyata guru MTSN di lampung yang mau jenguk 2 orang anaknya yang juga kuliah di UGM... Pendekatanpun dimulai bukan untuk PDKT ke anak perempuannya. tapi seenggaknya jadi petunjuk gw djogja. dapet anaknya jg boleh sih. Hahaha... Dan dengan perasaan gelisah gw tiba dijogja(itupun si ibu yang ngasih tau klo gw udah dijogja sekarang!) Gw turun di tempat namanya GAMPING. dan gw turun bareng ibu itu dan satu jam gw nunggu anaknya bwt jemput gw dan sambil nunggu jemputan gw duduk kyk gembel di pertigaan depan toko. Lengkap sudah kemiskinan gw. Akhirnya si anak dateng untuk jemput kita dan gw kenalan dengan anaknya. Gw pikir anak ibu ini sexy dan cantik, cantik si iya tapi mereka ninja(wanita berjilbab guede) hahaha, agak canggung bergaul dg orang semacam itu. tapi setidaknya gw  udah safety di jogja. Gw disuruh mampir dulu kekontrakan anak ibu tadi dan disuruh solat. saat dirumanya munculah beribu2 pertanyaan dari 3 wanita dihadapanku saat ini. Mau tinggal dimana? punya uang buat daftar ulang? kenapa gak dianter orang tua? udah pernah kejogja sebelumnya? punya sodara disini? kepala gw mulai cenat-cenut. Dan akhirnya dapat solusi karena si mbak2 ini adalah aktifis organisasi islam di kampus UGM. dy bilang "ya udah nanti mbak kenalin dg temen2 ikhwan(laki) mbak di UGM, siapa tau bisa bantu, klo emang belum ada tempat tinggal. Sambil nunggu tinggal aja disini..." HAH! tinggal dengan semua akhwat2(wanita) ini?".

Akhirnya gw menuju lokasi datar ulang saat itu juga dan gw dateng ke basecame organisasi muslim panitia yang ada disana. dan gw ditinggal dg mbaknya karena dy banyak urusan. dan akhirnya kembali menggembel duduk di pinggir jalan di gedung itu. Dari pada BT gw keliling aja sendirian dan mendekati posko muslim2 itu. dan baru aja gw dateng sudah disamperin dg seorang malaikat kedua buat hidup gw selain ibu itu. "Siang mas. bisa dibantu?" sekitar satu jam gw ngobrol atau bisa dibilang curhat ke masnya. Dan ternyata mas itu satu fakultas dengan gw tapi angkatan jauh lebih senior. dan dia bilang kalo dia saat ini ngontrak disebuah rumah bersama dengan temen2nya dan dia juga lagi butuh orang karena semakin banyak orang biayanya akan semakin murah. OK!, akhirnya sebelum menuju kontrakan beliau, gw diajak keliling2 fakultas Peternakan dan terkesan dia jadi tour guide bwt gw, hahaha... Dan tibalah dirumahnya(surga dunia)...

Gw tiba dirumah sederhana yang dihuni oleh 7 orang dengan 4 kamar. Rumah ini sangat sederhana dimana 1 kamar dihuni oleh 2 orang. akhirnya gw disuruh tinggal sementara dan beradaptasi. Mas yang satu ini gak memaksa gw untuk tinggal disini, kalau gak cocok nanti doi bisa cariin kosan dan tempat yang gw suka.
GILA! gw udah bersyukur banget lah dapet tempat ini dan ngapain gw pertimbangin lagi, gw langsung setuju untuk tinggal disini. meskipun agak aneh gw harus tinggal dg orang yang ikhwan2... tapi gw jadiin ini motivasi supaya kalau aja gw tinggal dirumah ini gw bisa jadi ikhwan dan masuk surga ---ahay!---
Akhirnya tibalah hari esok dan gw daftar ulang dianter masnya dengan duit tabungan gw sendiri karena keluarga gw sampe saat ini belum aja ngirimin duit, mungkin karena mereka belum ada duit. dan saatnya gw kuliah...


YEAH! GW JADI MAHASISWA!!! ---AHAY!---

Sampai saat ini gw masih nyari malaikat pertama gw bersama anak2nya yang udah lost kontak sejak gw berpisah dari kontrakannya... Jasa apa yg bisa gw bales, gw gak ngerti. Yang jelas dia malaikat bwt gw dan gw berdosa udah 3 tahun gak ketemu tuh malaikat dg anak2nya... Untuk malaikan ke 2 gw baru aja wisuda kemarin... selamat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar mu sangat berarti :